Friday, July 7, 2006

KMKM cinta pertamaku; keakraban dan keharmonisan impianku

Oleh: Susanto Sutejo

Setengah abad lebih KMKM berdiri kokoh tak kenal lelah demi mengayomi putra-putri Kalimantan yang bertandang ke mesir guna menimba ilmu pengetahuan tuk meneruskan titah kerasulan. Berawal dari segelintir anak Kalimantan yang menimba ilmu di negri seribu menara, terpikir di benak mereka ingin menyatukan putra putri Kalimantan dalam satu wadah yang mana disitu bisa saling membantu, menjalin keakraban, saling nasehat menasehati serta berbagi suka dan duka.
KMKM bagaikan seorang ibu yang mengandung anak-anaknya kemudian melahirkan dan menjaga serta memeliharanya lalu menyapihnya, Sedangkan kita adalah putra putri yang terlahir dari rahim KMKM. Bayangkan pertama kali kita menginjakkan kaki di negri Musa ini tanpa keluarga dan orang tua, KMKM lah yang menyambut , memberikan pencerahan serta pengarahan, dia pula yang pertama kali kita kenal saat menatap langit biru kairo, disitu kita dikenalkan dangan keluarga baru walau mereka bukan sedarah daging , tapi mereka adalah saudara kita sekarang yang nantinya kita akan berbagi dengan mereka .
Kita tahu bahwa Manusia adalah makhluk sosial yang tak mampu hidup dalam kesendirian. Tapi terkadang sifat egoisme morongrong etika berinteraksi bahkan merusaknya, tabiat manusia emang ingin menang sendiri, menganggap dialah yang paling hebat tidak menghiraukan orang lain. bahkan, terkadang rasa menghargai sesama pun lenyap . sifat seperti ini hendaknya kita kendalikan dan merotasikannya kearah yang lebih baik dengan membiasakan diri untuk selalu menghargai sesama karena setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan.
KMKM dulu terkenal dengan keakraban dan keharmonisan anggotanya, yang tua mengasihi serta membimbing yang lebih muda dan sebaliknya yang muda pun menghormati yang lebih tua. seakan satu keluraga yang hidup berdampingan saling membantu dan menatap masa depan dengan kebahagian dan senyuman manis. sebagaimana yang termaktub dalam motto KMKM" BARARAKATAN BAPAPADAHAN BATUTULUNGAN DI BANUA URANG" tentunya orang terdahulu membuat motto ini, mereka telah merealisasikannya dan tentunya mereka berharap motto ini akan berkelanjutan sampai generasi sesudahnya. tapi rasa kebersamaan itu kini mulai terkikis entah kenapa, tidak tahu sebab yang pasti. Atau barang kali kurangnya interaksi diantara kita (anggota KMKM) yang lebih parah bahkan ada yang tidak kenal antar anggota KMKM, dan ini merupakan suatu yang tidak wajar terjadi dalam rumpun keluarga. Islam mengajarkan kita untuk mempererat tali persaudaraan dan melarang merusaknya sebagimana yang disabdakan Rasulullah dalam kitab bulughul maram "tidak akan masuk surga orang yang memutuskan tali persaudaraan" .
Kita adalah satu keluarga yang hidup dibawah naungan KMKM tercinta, sudahkah kita memberikan konstribusi terbaik untuk KMKM?? Tujuan kita sama, langkah kita seirama, meskipum kita datang dari daerah yang berbeda bahkan bahasa pun tidak sama tapi kita tetap satu rumpun dari pulau berbentuk ayam jago itu. Gerak gerik, tingkah laku serta akademis kita akan menjadi sorotan kekeluargaan lain dan itu semuanya akan mengankat martabat KMKM diantara kekeluargaan lain jikalau kita menghiasinya dengan prestasi dan akhlak mulia, betapah eloknya seandainya KMKM menjadi gudang orang-orang berprestasi yang berakhalak mulia, mungkinkah ini terjadi??
KMKM adalah rumah pertama kita dimesir, tidak mungkin terlupakan walaupun suatu saat kita akan meninggalkannya. Ibarat cinta pertama tak akan terlupakan walau usia dimakan waktu. karena tidak ada cinta elainkan cinta pertama. sebagaimana yang diungkapkan seorang penyair handal dimasa Abbasiyah ; Abu Tamam dalam penggalan syairnya:
Pindahkan hati anda dari jiwa kemanapun anda suka, tapi ingat tidak ada cinta kecuali hanya cinta pertama. Dan berapa banyak rumah yang terdapat dimuka bumi yang sempat tinggal seseorang didalamnya, tapi tak mampu menafikan kegandrungannya terhadap rumah yang pertama kali dia menjejakan kakinya.
Begitulah KMKM kalau boleh kita ibaratkan dia adalah cinta pertama, yang kan selalu terpatri dalam lubuk sanubari terdalam yang tak akan pernah lebur walau diterjang gelombang waktu yang mampu merontokan taring memutihkan ubun-ubun melemahkan otot-otot persendian, cinta itu tetap akan terpatri kokoh dalam bilik hati terdalam.
Kebersamaan dan keharmonisan antar kita, akan mejadi modal pokok untuk mengukir prestasi di kampus dambaan putra putri bangsa seluruh penjuru alam. bersyukur kita yang telah berada dalam ayoman keilmuannya. Mari kita satukan langkah dan kuatkan tekat tuk meraih kesuksesan dan mengukir prestasi di Universitas tertua Al Azhar dambaan umat islam.
Mari kita torehkan sejarah baru tuk banggakan KMKM tercinta di bumi para Nabi ini, kita semua bisa , semangat dan terus semangat tuk raih masa depan yang cemerlang…!!! I love you KMKM




Your Ad Here

COMMENTS :

Don't Spam Here

0 Komentar to “KMKM cinta pertamaku; keakraban dan keharmonisan impianku”

Post a Comment

 

Copyright © 2010 Keluarga Mahasiswa Kalimantan Mesir. All Rights Reserved. Powered by Blogger and Edited Template by Asyd KiNaNa .