Friday, July 7, 2006

KMKM PERLU DIBANTU DAN DIPERJUANGKAN

Oleh: Darmaizar Arif*

Kira-kira sudah hampir satu bulan lamanya kami menahkodai KMKM untuk masa bakti 2009-2010 sejak tanggal pelantikannya 24 Agustus 2009 yang lalu. Dan program-program pada bulan Ramadhan sebagai program pertama alhamdulillah terlaksana walaupun intensitasnya masih kurang dibanding tahun sebelumnya. Dalam kurun waktu kurang lebih sebulan itu tadi, arah kepengurusan kami belum sepenuhnya bisa ditebak dengan jelas. Hanya saja rapat perdana tanggal 7 September 2009 yang menelurkan beberapa rancangan program kerja DP KMKM bisa memberi sedikit cahaya cerah kemana sebenarnya haluan ini akan kami arahkan.
Ada sebuah ungkapan yang berbunyi: “Siap dipimpin dan siap memimpin”, Ungkapan ini sebenarnya adalah sebuah nasihat yang senantiasa didengungkan di salah satu pondok modern yang ada di Indonesia, dengan satu tujuan memberi pemahaman bahwasanya, siapapun dia dan bagaimanapun keadaannya, seseorang tidak akan lepas dari dua hal ini, entah dia yang memimpin ataukah dia yang dipimpin. Jadi demi mengemban amanat yang telah dititipkan pada pundak kami, akhirnya kami menyatakan siap memimpin KMKM untuk periode kepengurusan setahun kedepan. Tapi tentunya kepemimpinan kami ini tidak akan berjalan dengan baik dan lurus tanpa dukungan teman-teman warga KMKM.
Karena itu disini kami mengungkapkan dengan rendah hati meminta kepada teman-teman untuk tetap berperan aktif dalam acara-acara yang kami telah programkan. Walaupun peran itu hanya sebatas berbentuk kehadiran teman-teman semua pada saat agenda-agenda kami laksanakan. Toh sebagus dan sebesar apapun acara kegiatan yang kami rancang, tidak akan berarti apa-apa bila tanpa dukungan dan kehadiran teman-teman.
Adalah sebuah kenyataan yang tidak bisa kita pungkiri bersama dalam hidup ini bahwa, sekecil apapun hal yang kita perbuat pasti ada akan menerima balasannya. Percayalah bahwa apa yang kita lakukan demi KMKM bila disertai dengan niatan ibadah iklas karena semata mengharap ridho Allah Swt. akan mendapatkan ganjaran pahala di sisi-Nya. Inilah yang menjadi nilai plus bagi kita semua sebuah ibadah jama’i untuk kemajuan umat Islam.
Maka tak salah jika ahli hikmah ada berkata “not all you given is lost”, tidak semua yang kamu berikan itu akan hilang. Karena memang ada beberapa hal yang akan tetap memberi bekas dalam diri kita. Bahkan ada banyak hal yang akan diingat oleh orang lain tentang diri kita, apalagi kalau bukan kebaikan yang pernah kita lakukan dan pengabdian kita selama ini.
Kami berusaha sebaik-baiknya agar organisasi KMKM bukan hanya milik Dewan Pengurus, Wisma KMKM bukan hanya tanggungjawab segelintir pengurus WISMA dan usaha PPRD untuk menggolkan rumah daerah bukan hanya dilakukan oleh pengurus PPRD. Biarlah organisasi ini menjadi milik kita bersama, wisma KMKM menjadi tanggung jawab kita bersama. Dan PPRD tidak kesusahan karena merasa berjalan sendiri tanpa dukungan bantuan kita. KMKM dari kita oleh kita dan untuk kita semua.
Sedih memang melihat jumlah anggota yang kian menipis. Salah satunya boleh jadi karena hal tersebut menyebabkan jatah temus kita berkurang. Tetapi ada yang lebih menyedihkan dari itu, yaitu ketika kelak tidak ada lagi orang yang mau mengurus organisasi KMKM ini. Karena itu harapannya semoga saja orgasnisasi seperti KMKM ini tetap selalu melahirkan kader-kadernya yang militan yang selalu siap meyingsingkan lengannya membantu dan memberikan dedikasinya untuk KMKM. Patah tumbuh hilang berganti. Kiranya begitulah harapan kita kedepan. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan melakukannya.
Organisasi KMKM ini adalah refleksi kecil dari masyarakat daerah kita yang ada di tanah air. Sudah menjadi tanggung jawab kita untuk membangun masyarakat kita. Tanggung jawab ini rasanya tidak jauh berbeda dengan apa yang juga terjadi pada organisasi seperti KMKM ini. Di masyarakat kelak, kita akan menghadapi berbagai macam persoalan, rintangan pun senantiasa silih berganti menghampiri. Tanpa modal pengalaman, kita akan kesulitan menghadapinya kelak. Karena itu tidaklah salahnya bila kita sedikit ikut merapat ke KMKM, ikut merasakan hiruk pikuk kegiatan yang ada di dalamnya. Dengan demikian, niscaya kita akan sadar bahwa organisasi KMKM ini adalah miniatur kecil dari masyarakat di daerah kita karena banyak pula terdapat masalah di dalamnya yang menunggu tangan-tangan cekatan kita untuk dipecahkan dan diselesaikan dengan baik. Semoga saja pengalaman kita di KMKM ini dapat menjadi bekal kita di masyarakat kelak.
Terima kasih yang tak terhingga kepada dewan pengurus kami yang telah bersedia membantu roda kepengurusan kami, seluruh anggota KMKM yang selalu mendukung dan membantu kami. Semoga bantuan kalian mendapatkan pahala yang berlipat ganda nilainya di sisi Allah Swt. Teruslah membantu organisasi KMKM ini. Karena KMKM ini masih perlu dibantu dan diperjuangkan. P

* Wakil Ketua KMKM periode 2009-2010




Your Ad Here

COMMENTS :

Don't Spam Here

0 Komentar to “KMKM PERLU DIBANTU DAN DIPERJUANGKAN”

Post a Comment

 

Copyright © 2010 Keluarga Mahasiswa Kalimantan Mesir. All Rights Reserved. Powered by Blogger and Edited Template by Asyd KiNaNa .